Pendampingan Koperasi Dalam Penerapan Koperasi Digital Pada Koperasi Karyawan Pindo Deli, Karawang
Abstract
Pendampingan Koperasi dalam Penerapan Koperasi Digital pada Koperasi Karyawan Pindo Deli mutlak diperlukan agar tetap bertumbuh dalam kinerja keuangan. Transformasi bisnis Koperasi menjadi Koperasi Digital akan memberi manfaat besar bagi anggota maupun bagi perekonomian daerah secara umum. Partisipasi anggota menunjukkan bahwa anggota aktif telah berperan dalam pengendalian saat rapat anggota, memodali dan membiayai koperasi melalui simpanan pokok/simpanan wajib, aktif dalam memberikan kontribusi saran kepada koperasi dalam rapat anggota, adanya frekuensi pembelian, intensitas pembelian dan kuantitas pembelian. Namun Koperasi Karyawan Pindo Deli masih perlu mengatasi anggota pasif yang jumlahnya cukup banyak. Digitalisasi diperlukan untuk merangsang dan meningkatkan partisipasi anggota, jika anggota aktif meningkat maka pembelian pun akan meningkat. Anggota Koperasi Karyawan Pindo Deli menanggapi digitalisasi dengan positif dan menyambut baik kebijakan digitalisasi dengan cara berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang dilakukan koperasi dan selalu mengikuti informasi yang tersebar. Kebijakan ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri untuk koperasi karena apabila hal tersebut direalisasikan, maka peluang koperasi untuk bersaing dengan badan usaha lain dan melebarkan jangkauannya semakin nyata untuk diwujudkan. Koperasi Karyawan Pindo Deli telah berupaya untuk melakukan digitalisasi dalam sistem pengelolaanya. Mulai dari pemberian informasi, pengolahan dan pengarsipan data. Tetapi dalam prosesnya sendiri masih berjalan kurang efektif karena sistem akan semakin terbuka lebar. Dengan begitu, upaya koperasi dalam meningkatkan partisipasi anggota akan teknologi digital ini belum memaksimalkan penggunaan internet dan software seperti aplikasi yang lebih mempermudah proses manajerialnya. Sehingga informasi yang diterima dan disalurkan masih kurang optimal.
References
Kementerian Komunikasi dan Informatika. Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. 2019. Jakarta.
Asmara, P. (2020). Koperasi Hadapi Permasalahan Berat Di Masa WabahCovid-19. https://www.balipost.com/news/2020/10/19/153099/Koperasi-Hadapi-Permasalahan-Berat-di-Masa-Wabah-Covid-19.html
Avriyanti, S. (2021). Strategi bertahan bisnis di tengah wabah covid-19 dengan memanfaatkan bisnis digital (Studi pada UKM yang terdaftar pada dinas koperasi, usaha kecil dan menengah kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 5(1), 60-74.
Chalim, M.A., Listyowati, P.R., Hanim, L., & Noorman, M.S. (2022). Peran Pemerintah Dalam Pengembangan Koperasi Modern Dan Umkm Berdasarkan PP No. 7 Tahun 2021. Audi Et AP: Jurnal Penelitian Hukum, 1(01), 21-29.
DOI: http://doi.org/10.24967/jaeap.v1i01.1490.
Dasuki, R.E. (2021). Peningkatan Kapasitas Potensi keahlianManusia Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Di Jawa Barat. E-Coops-Day, 2(1), 1-6.
Damanik, M.R. (2020). Digitalisasi UMKM. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/opini/319812/digitalisasi-umkm
Depkop.go.id. (2020). Menkopukm: Transformasi Digital Koperasi Harus Dipertangkas. Humas Kementerian Koperasi Dan UKM. http://www.depkop.go.id/read/menkopukm-transformasi-digital-koperasi-harus-dipertangkas.
Dwipradnyana, I. M. M., MAS, I. G. A. M. A., Pratiwi, A., & Diatmika, I. G. N. D. (2020). Strategi Pengembangan Koperasi Di Era Digital Pada Koperasi Yang Ada Di Provinsi Bali. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 17(2), 112-116
Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian. (2021). Siaran Pers: Digitalisasi Koperasi Dorong Pengembangan Dan Modernisasi Koperasi. Diakses dari https://ekon.go.id/publikasi/detail/3392/digitalisasi-koperasi-dorong-pengembangan-dan-modernisasi-koperasi pada Kamis 23 September 2022 Pukul 20:36 WIB
Rio (2018). Gerakan Revolusi Koperasi dan UKM 4.0 Tiada Hari Tanpa IT. Innews.co.id https://innews.co.id/gerakan-revolusi-koperasi-dan-ukm-4-0-tiada-hari-tanpa-it
Rustariyuni, Surya Dewi, M. Pujiharjo, M. Umar Burhan, Dias Satria (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Koperasi Di Provinsi Bali Di Masa WabahCovid-19. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara. Vol. 4 No. 2 Juli-Des 2022. 153-162