Edukasi tanaman florikultur di SD Asy-Syifa 2 Kecamatan Antapani Bandung, Jawa Barat

  • Irfan Maulana
  • Rini Sitawati
  • Dikayani .
  • Aghnia Rahmawati Universitas Insan Cendekia Mandiri
Keywords: Asy-Syifa-2, Edukasi, Florikultura, Sekolah Dasar

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat di berbagai bidang. Salah satu topik yang memiliki relevansi tinggi dengan pendidikan adalah florikultur, yang berkaitan dengan budidaya tanaman hias. Artikel ini mengulas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dari Universitas insan cendekia mandiri dengan tema " Edukasi Tanaman Florikultur di SD Asy-Syifa 2 Kecamatan Antapani Bandung, Jawa Barat". Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai pemeliharaan tanaman hias kepada guru-guru di SD Asy-Syifa 2, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan lingkungan hidup di sekolah.

References

Astuti, L., & Kurniawan, R. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Florikultura untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan Hidup, 7(2), 88-95.
Dewi, F. R., & Nugraheni, W. (2023). Pelatihan Tanaman Hias sebagai Upaya Pemberdayaan Komunitas Sekolah. Jurnal Abdimas Peduli, 5(1), 33-40.
Fadillah, N., Syafrizal, A., & Prasetyo, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(3), 245–252.
Kemenristekdikti. (2022). Panduan Umum Pengabdian kepada Masyarakat. Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Rohmah, M., & Wahyuni, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa melalui Budidaya Tanaman di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 55-64.
Sutarno, A. (2020). Florikultura: Potensi dan Tantangan dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Hortikultura Indonesia, 11(1), 12–20.
Published
2025-07-30
Section
Articles