Peningkatan Kapasitas Komunitas Kampoeng Radjoet Binong Jati dalam Pemasaran Digital Kampung Wisata Ekonomi Kreatif Kota Bandung

  • Trias Pyrenia Iskandar Universitas Pasundan
  • Rahmi Aini
Keywords: Kampung rajut, binong jati, pkm, pengabdian kepada masyarakat, SMEs, Tourism Villages, Tourism Branding, Digital Content

Abstract

Abstrak: Pengabdian Kepada Masyarakat ini di latarbelakangi oleh belum optimalnya pemasaran Kampung Wisata Kampoeng Radjoet Binong Jati Kota Bandung sebagai ikon wisata kota Bandung dikarenakan kurangnya kemampuan menggunakan dan mengelola media digital oleh masyarakat Kampoeng Radjoet Binong Jati. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan penguatan branding wisata melalui media digital supaya Kampoeng Radjoet ‘’merajut asa kita’’ dapat lebih dikenal sebagai kampung wisata yang mana merupakan ikon kota Bandung. Metode pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini diantaranya: pelatihan (Ceramah, Diskusi, Studi Kasus, Simulasi), fasilitasi produksi media promosi digital, pendampingan (bimbingan konsultasi, monitoring,) dan evaluasi. Hasil kegiatan bahwa masyarakat Kampoeng Radjoet Binong Jati dapat meningkatkan skill branding wisata melalui platform media digital serta memanfaatkan aplikasi seperti canva untuk pembuatan konten visual, capcut untuk mengedit video dan Artificial Intelligence untuk membantu membuatkan narasi digital.  

Kata kunci: UMKM, Kampung Wisata, Branding Wisata, Konten Digita

Abstract: This community service program is motivated by the suboptimal marketing of the Kampoeng Radjoet Binong Jati Village in Bandung as an iconic tourist destination in the city of Bandung, due to the lack of ability among the residents of Kampoeng Radjoet Binong Jati to use and manage digital media. The objective of this Community Service initiative is to provide training and strengthen tourism branding through digital media so that the Radjoet Binong Jati Village, known as “weaving our hopes,” can be better recognized as a tourist village, which is an icon of Bandung City. The methods used in this activity include: training (lectures, discussions, case studies, simulations), facilitating the production of digital promotional media, mentoring (consultation guidance, monitoring), and evaluation. The results of the activity show that the community of Kampoeng Radjoet Binong Jati can enhance their tourism branding skills through digital media platforms and utilize applications such as Canva for creating visual content, CapCut for video editing, and Artificial Intelligence to assist in developing the digital narrative

Keyword : SMEs, Tourism Villages, Tourism Branding, Digital Content

References

Andini, A., Ridwan, R., Putri, R., Salwa, D., Idam, I., Jl, A., … Pusat, K. J. (2025). Strategi Branding dan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk pada UMKM Mins di Pasar Digital Arum. Jurnal Nuansa, Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 3(20), 13. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/nuansa.v3i3.1860
HUB, F. C. (2022). Metode-Metode Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat – Creative HUB Fisipol UGM. Yogyakarta: FIsipol UGM Creative HUB. Retrieved from file:///D:/ppm/PKM/PKM 2024/Metode-Metode Fasilitasi Pemberdayaan Masyarakat – Creative HUB Fisipol UGM.htm
Kaehe, D., Ruru, J. M., & Welson, R. Y. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Di Kampung Pintareng Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 5(80), 14–24.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021). 50 Desa Wisata Terbaik Sudah Dipilih, Menteri Sandi Lakukan Visitasi. Kemenparekraf.Go.Id. Retrieved from https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/50-desa-wisata-terbaik-sudah-dipilih-menteri-sandi-lakukan-visitasi
Khasanah, umul et all. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PROMOSI WISATA MELALUI PEMBUATAN MEDIA PROMOSI DIGITAL DI KAMPUNG WISATA KETANDAN. Jurnal Pengabdian Mandiri (JPM), 3(1), 72. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jpm.v3i1
Priyanto, R., & Suryana. (2019). Membangun brand destination Kampung Rajut Binong Jati sebagai tujuan wisata belanja produk rajutan di Kota Bandung. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 31–43. Retrieved from http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/108
Suharto, E. (2015). Membangun Masyarakat, Memberdayakan Masyarakat, Cet-1. Bandung: PT. Refika Aditama.
Tresnawati, Y. S., & Iskandar, T. P. (2023). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Usaha Kecil Galleraj Bandung dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil di Era Digital. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 6, pp. 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/linimasa.v6i2.6778
UPT P2MPRD. (2021). Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Yang Melibatkan Mahasiswa. Bandung: Fisip Unpas.
Wamad, S. (2022). Revolusi Kampung Rajut Binong yang kini lebih Modern. Detikjabar. Retrieved from https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6377388/revolusi-kampung-rajut-binong-yang-kini-lebih-modern
Published
2025-07-30
Section
Articles