PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATA DI KOTA BATAM
Abstract
ABSTRACT. This study was carried out with the purpose of investigating and comprehending the factors that influence the intention to visit Batam. The variables under consideration are EWOM (Electronic Word of Mouth), destination image, and interest to visit. The participants in this research were both international and national tourists, and a total of 104 questionnaires were distributed and utilized as the data for analysis. The sampling technique employed in this study was snowball sampling. The data collected was subjected to analysis using the Statistical Package for Social Science (SPSS) program. The findings of this study indicate that the EWOM variable significantly impacts the interest to visit. Additionally, the EWOM variable also has a significant effect on tourist attitudes. However, the EWOM variable does not have a significant effect on the desire to travel. On the other hand, the destination image variable significantly influences the desire to travel, and the attitude variable of tourists has a significant impact on the desire to travel. Lastly, the destination image variables significantly affect tourist attitudes.
ABSTRAK: Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami faktor-faktor apa yang mempengaruhi variabel keinginan bepergian di Batam. Faktor-faktor yang dimaksud adalah variabel EWOM, citra destinasi dan minat berkunjung. Objek dalam penelitian ini adalah wisatawan internasional dan nasional, kuisioner yang disebarkan sebanyak 104 kuisioner dan kuisioner yang digunakan sebagai data untuk di uji pada penelitian ini. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu snowball sampling. Data yang telah terkumpul dilakukan pengujian menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS). Hasil dari penelitian ini adalah variabel EWOM berpengaruh signifikan terhadap citra destinasi, sedangkan variabel EWOM terhadap minat berkunjung juga memiliki pengaruh yang signifikan, variabel citra destinasi terhadap minat berkunjung memiliki pengaruh yang signifikan,variabel EWOM dan citra destinasi terhadap minat berkunjung memiliki pengaruh yang signifikan, dan variabel citra destinasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap EWOM.
References
Christie, Chandramely Novi & Mahestu N. Krisjanti. (2016). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Citra Merek terhadap Niat Pembelian Ulang pada Merek Smartphone Samsung dan Iphone. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Semuel, Hatane dan Adi Suryanata Lianto. 2014. “Analisis e-WOM, Brand Image, Brand Trust dan Minat Beli Produk Smartphone di Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 8, No. 2, Hal. (47- 54).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta, CV.
Thurau-Hennig., Gwinner, K.P.,Walsh, G., dan Gremier, D,D. 2004. “Electronic Word-Of Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motives Consumers to Articulate Themselves on The Intenet?”. Journal Of Interactive Marketing. Vol.18, No.1.
www.batamkota.bps.go.id (2019)