PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA INDUSTRI DEVELOPER PROPERTY (SUATU SURVEY PADA KONSUMEN PT. PRAWISTA RAYA)
Abstract
ABSTRACT: This study aims to analyze and explain the effect of Marketing Mix on Consumer Satisfaction and its impact on Purchasing Decisions. The type of data used is primary data obtained by distributing questionnaires to the respondents. Analysis of data processing using SPSS.
The results of the study show that partially Marketing Mix has a significant effect on Consumer Satisfaction. Marketing Mix has a significant effect on Purchasing Decisions. Consumer satisfaction has a significant effect on purchasing decisions. Simultaneously Marketing Mix has a significant effect on Purchase Decision through Consumer Satisfaction.
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh Marketing Mix terhadap Kepuasan Konsumen serta dampaknya terhadap Keputusan Pembelian. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden. Analisis pengolahan data menggunakan SPSS. Dengan jumlah sampel sebesar 104
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kepuasan Konsumen berpengaruh signifikan terhadap Keputusan pembelian. Secara simultan Marketing Mix berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen
References
Ali, Hasan, 2008, Marketing, MeddPress, Yogyakarta
Alma, Buchari, 2013, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung; Alfabeta
Appley A, Lawrence, Lee, Oey, Liang, Pengantar Manajemen, Jakarta; salemba empat
Arikunto, S, (2014) Prosedur penelitian; Suatu pendekatan praktik
Athoillah, Anton, 2010, Dasar-dasar Manajemen, Bandung, CV Pustaka Setia
Basu Swastha dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, FE UGM, Yogyakarta
Dharmesta, B.S. dan T.H. Handoko, 2008, Manajemen Pemasaran; analisis perilaku konsumen, edisi 1 cetakan keempat, BPFE, Yogyakarta.
Engkos, Ahmad Kuncoro dan Ridwan, 2007, Cara menggunakan dan memaknai analisis jalur (path analysis), penerbit; alfabeta, Bandung
Fandy, Tjiptono, 2008, Strategi pemasaran, Edisi 3, Yogyakarta; Andi Offset
Fandy, Tjiptono, 2011, Pemasaran Jasa, bayumedia, Malang
Griffin, Jill, 2002, Customer Loyalty How to Earn it, how to keep it, Kentucky; McGraw-Hill
Griffin, Jill, 2003, Costumer Loyalty; menumbuhkan dan mempertahankan konsumen, Jakarta, Airlangga.
Griffin, Ricky W dan Ronal J Ebert, 2007, Bisnis edisi 7 Jakarta; Erlangga.
Joko, Riyadi, 2004, Gerbang Pemasaran, Jakara; Gramedia, Jakarta
Kotler dan Keller, 2009, Manajemen Pemasaran Jilid I edisi 13 Jakarta, Erlangga
Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management, 14th, Person Education.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller (2011) Manajemen Pemasaran Edisi Keempat Belas Jakarta Indeks Kelompok Gramedia
Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1
Lupiyoadi, Rambat 2001 Manajemen Pemsaran Jasa, Jakarta; PT. Salemba Empat
Mashuri dkk, 2009, Metodologi Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aplikatif, Bandung: Refika Aditama.
Peter, J. Paul dan Jerry C Olson, 2002, Perilaku konsumen dan strategi pemasaran, terjemahan Jakarta : Erlangga
Ratih Hurriyati, 2008, Bauran Pemasaran dan loyalitas konsumen, Alfabetha, Bandung
Schein, E, H, 2008, Organizational Culture and Leadership, San Fransisco; Jossey-Bass
Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D Bandung; Alfabetha