PENINGKATAN VOCABULARY DAN GRAMMAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH BAGI SISWA PANTI ASUHAN PUTERA MUSLIMAT BREBES
Abstract
Grammar dan Vocabulary keduanya sangat dibutuhkan oleh siswa dalam mempelajari bahasa inggris.. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat akan membantu para siswa belajar bahasa Inggris dengan cepat, efektif dan menyenangkan. Maka penting bagi para pengajar untuk memikirkan terlebih dulu metode belajar tersebut sebelum praktik mengajar dilakukan. Dalam rangka mendorong siswa untuk lebih tertarik belajar bahasa Inggris terutama kosa kata EFL, guru dapat memperkenalkan dan mengembangkan metode pembelajaran yang disebut Make a Match. Tujuan yang diinginkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut : (1) Sebagai pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi Dosen Program Studi DIII Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama Tegal, (2) Memberikan pengetahuan metode pembelajaran Make a Match. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Panti Asuhan Putera Muslimat Brebes disimpulkan sebagai berikut: (1) Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Panti Asuhan Putera Muslimat Brebes dengan tujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang Grammar dan Vocabulary melalui metode Make a Match sebagai metode pembelajaran yang menarik bagi para siswa, (2) Meningkatkan motivasi para siswa sehingga motivasi dalam pembelajaran bahasa inggris menjadi lebih baik.
References
Azhar, A. (2009). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Curran, 1994. Using Make a Match Technique to Teach Vocabulary, english education journal (eej. vol.7, no.3, 316/july 2016
Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching (4th Ed.). Harlow: Longman
Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hujair A.H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakara: Kaukaba Dipantara.
Iriyani, A. (2013). Improving students’ vocabulary achievement through Make a Match Method. Unpublished Master’s thesis. State University of Medan, Medan.
Istarani. (2011). 58 model pembelajaran inovatif: Referensi guru dalam menentukan model pembelajaran. Medan: Penerbit Media Persada.
Lie,Anita. (2002). Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo