PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM KEGIATAN POSYANDU MAWAR DI DESA MUNENGWARANGAN KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG
Abstract
The purpose of this study was to determine community participation in this case cadres and to find out the inhibiting factors and find solutions to the problems that hamper the activities of Posyandu Mawar. The method used in this research is descriptive method using a qualitative approach. Collecting data in this study is using interview and observation techniques. Community participation in this case is quite good for cadres as evidenced by the regular implementation of Posyandu Mawar activities, which is once a month on the second Tuesday of the week. The biggest inhibiting factor in this activity is the lack of funds owned by Posyandu Mawar Munengwarangan; Another inhibiting factor is the lack of support from community leaders, RW administrators and other institutions or activity programs in the community for Posyandu Mawar activities. In order for the Posyandu Mawar activities to be more developed and of better quality, there are suggestions; it is expected to increase public awareness including community leaders, RW administrators, and other institutions or activity programs so that they can participate and assist in terms of funding so that Posyandu Mawar activities will increase and be able to reach Strata Mandiri. It is hoped that there will be collaboration with stakeholders and there will be cadre regeneration and collaboration to form Joint Business Groups (KUB) to produce products so as to increase funds for Posyandu Mawar.
References
Anggito, Albi, Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi Jawa Barat: CV Jejak
Anggy Giri dkk. “Penggunaan Media Big Book Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu Volume 5, Nomor 1 (2021):446-452
Azahari. 2019. Teknik Penulisan Ilmiah. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
Bachri, B.S. 2010. “Menyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif”. Jurnal Teknologi Pendidikan, X (1), 46-62
Badawi. 2014. Kinerja Posyandu Dalam Pelaksanaan Pembinaan Gizi Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Departemen Kesehatan RI. 2006. Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta
Departemen Kesehatan RI. 2019. Panduan Orientasi Kader Posyandu. Jakarta
Dikutip pada tanggal 25 Juni 2023 dari https://kbbi.web.id/sistematika
Dikutip pada tanggal 28 Juni 2023 dari https://kbbi.web.id/partisipasi
Dikutip pada tanggal 3 Juli 2023 dari https://kbbi.web.id/populasi
Dikutip pada tanggal 3 Juli 2023 dari https://kbbi.web.id/sampel
Dikutip pada tanggal 2 Juni 2023 dari https:kbbi.web.id/sarana-prasarana
Dwi Nastiti Iswarawanti. “Kader Posyandu: Peranan dan Tantangan Pemberdayaannya Dalam Usaha Peningkatan Gizi Anak Di Indonesia”. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, No 04 (2010)
Estuti. 2014. Partisipasi Masyarakat Dalam Layanan Posyandu Berbasis Masyarakat Terhadap Pertumbuhan Balita (Di Desa Mergowati Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung). Universitas Negeri Malang
Fadhallah. 2020. Wawancara. Jakarta Timur: UNJ Press
Fatimah dan Hidayah. “Analisis Partisipasi Ibu Balita Dalam Pemanfaatan Posyandu Di Keluraham Baru Kecamatan Rebo Jakarta Timur”. Journal Research Midwifery Politeknik Tegal Volume 11, Issue 2 (2022)
Fredi, dkk. “Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita di Posyandu”. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada Volume 9, Nomor 2 (2020):1006
Haris. 2006. Politik Organisasi Perseptif Mikro Diagnosa Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasibuan. 2010. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Edisi Revisi, cetakan kedua. Jakarta: Bumi Aksara
Hidayat, Yayat. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Non Formal Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Di Kota Bandung”. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Vol. 1, Nomor 2 (2019)
Ida, Ratih & Dwi. 2017. Buku Saku Kader Posyandu Balita. Surakarta: Yuma Pustaka
Ilyas, Muhammad Ismail. 2020. Evaluasi Pembelajaran: konsep dasar, prinsip, teknik, dan prosedur. Depok: Rajawali Pers
Isbandi Rukminto Adi. 2007. Perencanaan Partisipatoris Berbasis Aset Komunitas: dari Pemikiran Menuju Penerapan. Depok: FISIP IU Press
Khaatimah dan Wibawa. “Evektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar”. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 2, Nomor 2 (2017)
Komariah, Neneng. 2022. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Sistem Koordinat Kartesius Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI Pakis Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. IAIN Salatiga
Kusmanto. “Partisipasi Masyarakat Dalam Demokrasi Politik”. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik 2 (1) (2014):78-90
Listyowati. 2016. Integrasi Posyandu Dengan PAUD dan KB. Jakarta Timur: Yappika
Mardijani Prastiwi. “Partisipasi Masyarakat Terhadap Peningkatan Pembangunan Desa”. Buletin Ekonomi Vol 8, No 1 (2010):1-70
Meita dan Zefri. “Pengaruh Akuntabilitas, Pengetahuan, dan Pengalaman Pegawai Negeri Sipil Beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) Terhadap Kualitas Pengelola Dana Kelurahan Di Lingkungan Kecamatan Langkapura”. Jurnal Ekonomi Volume 21, Nomor 3 (2019):311
Miftah Affah Zafar. 2019. Administrasi Sarana dan Prasarana. Univrsitas Negeri Padang
Newman, W. Lawrance. 2013. Metodologi Penelitian Sosial: pendekatan kuantitatif dan kualitatif (edisi 7). PT Indeks. Jakarta
Pemerintah Indonesia. 2009. Undang-Undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Lembaran Negara Tahun 2009 Nomor 144. Jakarta
Ramlan. 2010. Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Kualitas Pemukiman Dikawasan Pusat Kota Palu. Tadulako: Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Tadukalo
Riadi Edi. 2016. Statistika Penelitian Analisis Manual dan IBM SPSS. Yogyakarta
Rival, Veitzhal. 2008. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Grafindo Persada
Rosaliza, Mita. “Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif”. Jurnal Ilmu Budaya Volume 11, No.2 (2015)
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish
Saleh, Syarbaini dkk. 2020. Pendidikan Luar Sekolah. Yogyakarta: K-Media
Sangadji, E.M dan Sopiah. 2010. Metodologi Pendidikan. Yogyakarta: ANDI
Sidiq, Burhan. 2015. Analisis Struktur, Proses Penciptaan, Konteks Penuturan, Fungsi, dan Makna Teks Mite Pelet Marongge Serta Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Universitas Pendidikan Indonesia
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Umasangaji Isnain. “Partisipasi Masyarakat Pada Program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Di Desa Waitina Kecamatan Mangoli Timur”. Jurnal Holistik Tahun IX No. 18 (2016):6
Untari, Ida dkk. 2017. Buku Saku Kader Posyandu. Surakarta: Yuma Pustaka
Zulkarnain. “Desain Program Penguatan Desa Labsite Pendidikan Luar Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal Melalui Kegiatan Program Pengalaman Lapangan”. Journal of Nonformal Education Vol 2, No.1 (2016): 2