MENUMBUHKAN KEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI SEKOLAH

  • Anne Rahaju Universitas Insan Cendekia Mandiri
Keywords: Karakter, Religius, Pembiasaan

Abstract

Pembelajaran dikatakan berhasil jika terjadi perubahan perilaku. Pembelajaran pada anak usia dini merupakan landasan pertama bagi perkembangan kepribadian anak. Pentingnya penanaman nilai-nilai agama pada anak sedini mungkin karena pendidikan melibatkan proses yang berantai yang mengubah anak menjadi manusia yang religius. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan kualitatif. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan dua metode yaitu metode wawancara dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pengembangan karakter religius dapat diberikan melalui integrasi pembelajaran, pembiasaan sehari-hari, spontan dan keteladanan. Konsep mendidik karakter cantik memerlukan keterlibatan aktif seluruh pemangku kepentingan mulai dari keluarga, masyarakat, lembaga pendidikan nonformal, pendidikan formal hingga tokoh nasional dan tentunya tokoh agama dan masyarakat.

 

References

Asma’un Sahlan.2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi). Malang : UIN Sunan Kalijaga.
Coates, H. (2005). The value of student engagement for higher education quality assurance. Quality in Higher Education. https://doi.org/10.1080/13538320500074915
H.M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Koesuma, di Zaman Global Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak, Grasindo, 2011

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Marini, A. (2017). Character Building through Teaching Learning Process: Lesson in Indonesia. International Journal of Sciences and Research, 73(5), 177–182.
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018)
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018)
Ngainun Naim, 2010. Menjadi Guru Inspiratif “Memberdayakan Dan Mengubah Jalan Hidup Siswa”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197

Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744

Sukardi, & Sugiyanti. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Seminar Nasional Dan Bedah Buku Pendidikan Karakter Dalam Implementasi Kurikulum 2013.
Suyanto, S. (2012). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).
Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman nilai-nilai religius di sekolah dasar untuk penguatan jiwa profetik siswa.
Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.
Published
2024-03-31