Matematika Ekonomi dalam Mengoptimalisasi UMKM Pasca Pandemi di Desa Mekarwangi

  • Desty Rara Pringgandinie Universitas Insan Cendekia Mandiri
Keywords: keseimbangan pasar, matematika ekonomi, UMKM

Abstract

Pembangunan disektor fisik yang terus melaju seiring dengan pesatnya kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi perlu diimbangi dengan kemajuan masyarakat pada aspek nonfisik atau
digitalisasi. Tidak bisa dipungkiri di masa pandemi Covid-19 ini, perekonomian menjadi semakin
melemah dengan banyaknya regulasi yang semakin membatasi bahkan tak jarang mematikan sektor
perekonomian skala kecil. Tentu ini semua dimaksudkan untuk tetap menjaga hal yang paling utama
yaitu kesehatan masyarakat. Sehingga munculah alternatif - alternatif seperti digitalisasi yang
semakin meningkat bahkan menjadi laju utama perekonomian dimasa pandemi ini. Tujuan dari
pelaksanaan kegiatan ini sebagai berikut: (a) Turut serta berkontribusi dalam bentuk optimalisasi
potensi ekonomi masyarakat melalui media digital. (b)Memberi pengalaman belajar tentang
pengembangan ekonomi ditengah masyarakat melalui matematika ekonomi (c) Meningkatkan
hubungan antara perguruan tinggi dengan masyarakat Desa Mekarwangi secara langsung.
Manfaat dari pelaksanaan kegiatan ini sebagai berikut: (a) Membantu meningkatkan ekonomi
UMKM yang ada di Desa Mekarwangi (b) Membantu UMKM untuk turut serta mengikuti dan
mengaplikasikan ilmu matematika ekonomi dimasa pandemi.(1)Penyuluhan mengenai ilmu
ekonomi khususnya keseimbangan pasar dan BEP untuk UMKM.(2) Pembuatan buku laporan
sederhana untuk UMKM. Kegiatan tersebut diatas telah terlaksana baik dan lancar, dilakukan
untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan UMKM di Desa Mekarwangi
dalam mengembangkan potensi desa ditengah pandemi Covid-19 agar dapat bertahan dan produktif
dalam menjalankan bisnis di era kebiasaan baru (new normal).

References

Coates, H. (2005). The value of student engagement for higher education quality assurance. Quality in Higher Education. https://doi.org/10.1080/13538320500074915
Dian M.E.A.F. 2013. Perubahan Status Kepemilikan Lahan Pertanian Terhadap kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Petani Desa Mekarwangi Kecamatan Lembang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Pendidikan Geografi. Universitas Pendidikan Indonesia : Bandung.
Dini, Z. I. F. (2022). Metode pembiasaan pada penanaman karakter religius anak usia dini (studi kasus di Raudlatul Atfal Al-Qur'an Baipas Roudlotul Jannah Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
Marini, A. (2017). Character Building through Teaching Learning Process: Lesson in Indonesia. International Journal of Sciences and Research, 73(5), 177–182.
Masnur Muslich, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018)
Ngainun Naim, 2010. Menjadi Guru Inspiratif “Memberdayakan Dan Mengubah Jalan Hidup Siswa”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197

Sukardi, I. (2016). Character Education Based on Religious Values: an Islamic Perspective. Ta’dib. https://doi.org/10.19109/td.v21i1.744
Subakti,Puji.2017. Pemberdayaan Masyarakat Desa Mekarwangi, Bandung Melalui Budidaya Jamur Tiram Putih. https://sith.itb.ac.id/en/pemberdayaan-masyarakat-desa-mekarwangi-bandung-melalui-budidaya-jamur-tiram-putih/ diakses pada 10 Juli 2021.
Published
2024-05-01