BERDIFERENSIASI LITERASI DENGAN 2TBUU
Teliti, Tanya, Baca, Ucap,Ulang
Abstract
Kemajuan teknologi dengan adanya e-book memudahkan murid dalam berliterasi. . Permasalahan yang sering murid hadapi adalah dengan melihat huruf yang banyak dan kertas yang tebal sudah menciutkan murid untuk mau membaca sedangkan kemampuan membaca selama ini kurang dibekali bagi murid dalam jenjang pendidikan sebelumnya sehingga mereka kesulitan. Bagaimana cara membaca dan belajar yang tepat. Berdiferensiasi literasi 2TBUU ini bertujuan untuk memudahkan murid dalam berliterasi dengan mengambil kata inti dalam setiap paragraf di sebuah bacaan sehingga mampu memutuskan cara mencatat dan belajar sehingga memudahkan dalam belajar dan mengingat lebih lama pada mata pelajaran sejarah fase E / kelas X di SMAN 2 Magelang. Aksi Nyata ini dilakukan dalam proses pembelajaran di kelas dengan metode Projek Based Learning pada mata pelajaran sejarah materi asal usul nenek moyang dan jalur rempah nusantara Berdiferensiasi literasi dengan teknik 2 TBUU, mencari kata inti pada sebuah bacaan sehingga memudahkan murid untuk merubah menjadi suatu objek yang bisa dibayangkan dan dibuat cerita kemudian dipindahkan dengan cara mencatat berbagai model seperti mind mapping,jembatan keledai, objek lokasi, bentuk tabel dan lainnya dengan teknologi atau manual agar memudahkan saat mengulang bacaan tersebut. Hasil analisis dengan menggunakan deskriptif analisis yang didapat dari hasil dan refleksi setelah pembelajaran. Pada materi asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dan jalur rempah nusantara. Murid lebih antusias dalam pelajaran sejarah ditunjukkan dengan selalu dinantinya jam pelajaran berlangsung dan refleksi setelah pembelajaran. Jika rasa bahagia maka pelajaran apapun yang kita berikan akan mudah dicerna dan dipahami sehingga dapat digunakan untuk mata pelajaran yang lain. Dengan Teknik 2TBUU dan mengambil kata inti pada setiap paragraf pada bacaan buah “emas” yang diperebutkan dunia, murid akhirnya tahu jenis-jenis rempah dan kegunaannya di Indonesia. Murid menyadari keberagaman nenek moyang serta tradisi,budaya yang berlaku di masyarakat selama ini.Hal ini ditunjukkan dari asesmen sumatif yang diselenggarakan mendapat hasil yang maksimal
References
Abdullah, Taufik, ed,(2012) .,Indonesia dalam Arus Sejarah, jilid 3 Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, .
Didik Pradjoko Bambang Budi Utomo., (2013)., Atlas Pelabuhan-pelabuhan Bersejarah di Indonesia., cet. I., Jakarta:Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sari Oktafiana, Efvinggo Fasya Jaya, M. Nursa’ban, Supardi, Mohammad Rizky Satria.,(2021)., Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMA kelas X., Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
.
Silberman Melvin L. (2016). Active learning: 101 Cara belajar murid Aktif/ Cet
ke-11, Bandung: Nuansa Cendekia
Modul ajar Superbrain.. (2000) .Jakarta: Superbrain Internasional Program
https://drive.google.com/file/d/12jVGjjQkGzRR2Ln14hMTvQGc3lusjQD/view?usp=sharing
Lampiran
Bahan Ajar https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/389708
Materi daya Ingat https://www.canva.com/design/DAFm5Etsncc/3CqobVTDdr37IMr-b5rFhA/edit?utm_content=DAFm5Etsncc&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton
Modul ajar https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/pdf/169704
Refleksi Essay https://drive.google.com/drive/folders/13kfdb_2V2RuDVtEKNvxK1NrgNUlOenzJ?usp=sharing