KREATIVITAS PEMBELAJARAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI WARGA BELAJAR PAKET KESETARAAN PADA MATA PELAJARAN PAI DI PKBM BINA MANDIRI CENTER

  • Hayati Agustin Universitas Insan Cendekia Mandiri
  • Agus Winarti Universitas Insan Cendekia Mandiri
Keywords: PKBM, Kreativitas, Pendidikan Kesetaraan, Motivasi

Abstract

Pendidikan kesetaraan adalah salah satu program PKBM yang bertujuan sebagai pengganti pendidikan formal bagi masyarakat yang putus sekolah karena berbagai alasan tertentu. Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui motivasi belajar pada warga belajar paket kesetaraan PKBM Bina Mandiri Center Kota Bandung. Fokus penelitian ini adalah pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) paket A, B, dan C. Dalam pertemuan setiap minggunya warga belajar yang hadir tidak konsisten. Oleh sebab itu, peneliti ingin menumbuhkan motivasi warga belajar paket kesetaraan PKBM Bina Mandiri Center dengan mengoptimalkan kreativitas tutor dalam pembelajarannya. Dilihat dari objek dan hasil yang akan didapat maka penelitian ini termasuk dalam tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan dan menghubungkan dengan variabel lain. Kreativitas pembelajaran tutor PAI di PKBM Bina Mandiri Center memiliki kemampuan yang baik. Dikarenakan tutor PAI dalam pembelajarannya sudah menggunakan beberapa macam hal yang menarik dalam membantu meningkatkan motivasi warga belajar. Warga belajar di PKBM Bina Mandiri Center memiliki antusias yang tinggi serta memiliki harapan yang tinggi kedepannya. Hanya saja memang sebagian warga belajar memiliki keterhambatan dalam mengikuti proses pembelajaran dikarenakan jarak tempuh yang jauh serta bentrok dengan pekerjaan mereka. Akan tetapi, PKBM Bina Mandiri Center memiliki solusi agar warga belajar dapat tetap mengikuti pembelajaran.

References

Acep Juandi, Uep Tatang Sontani, (2017)
“Keterampilan dan Kreativitas
Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2 (2)
Anas, Amaliyana Tendriawaru, dkk. 2022.
Pelaksanaan Program Kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik. 13 (2)
Peraturan Pemerintah RepublikIndonesia
(1991). Pendidikan Luar Sekolah. 73. Bab 1. 1 (2)

Ibnu syamsi, “Pendidikan Luar Sekolah
sebagai Pemberdaya dalam Masyarakat” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1 (14)
Mustofa Kamil. (2009) Pendidikan Non
formal, Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat PKBM) di Indonesia Sebuah Pembelajaran dari Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta.
Sudianapermana, Elih. (2023) Community
Education in the perspective of student Scientific Works 2012-2022. Jurnal Pendidikan Masyarakat. 11 (1)
Sudjana, D. (2004). Pendidikan
NonFormal. Bandung: Falah Production
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Umaira, Tara. 2023. Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan pengurangan Pecahan di Kelas V SD Negeri Lamsayuen Aceh Besar. Elementary Education Reseach, 8 (1)
Undang-Undang Republik Indonesia. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. III (3)
Yusuf Ahmad, Muhammad, 2021.
Kreativitas Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Agama Islam: Pengaruh Lingkungan Sekolah dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 6
Published
2024-11-18