Uji Beda Pendapatan Usahatani Mangga Gedong Gincu Pada Saat On Season dan Off Season

Different Test of Income of Gedong Gincu Mango Farming on On Season and Off Season

  • Cindy Pedekawati Universitas Bandung Raya
  • Tuti Karyani Fakultas Pertanian, Universitas Padjajaran
  • Lies Sulistyowati Fakultas Pertanian, Universitas Padjajaran
Keywords: mangga gedong gincu, off season, on season, pendapatan usahatani

Abstract

Mangga gedong gincu menjadi komoditas hortikultura yang cenderung lebih disukai walaupun harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan varietas mangga lainnya seperti Aromanis, Cengkir dan Kaweni. Hal ini menandakan mangga gedong gincu memiliki nilai ekonomis tinggi dan berpeluang untuk meningkatan kesejahteraan petani. Namun demikian, usahatani ini mempunyai risiko yang tinggi karena sangat dipengaruhi oleh musim sehingga umumnya mangga gedong gincu tidak tersedia sepanjang tahun walaupun permintaan sangat banyak. Untuk itu petani menerapkan teknologi off season agar produksi bisa dilakukan sepanjang tahun. Teknologi off season memerlukan keterampilan dan biaya yang besar namun harga jual pada saat off season lebih besar sehingga diduga pendapatan usahatani mangga gedong gincu pada saat off season lebih tinggi dibandingkan pendapatan saat on season, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pendapatan usahatani mangga gedong gincu pada saat on season dan off season. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon dengan sampel sebanyak 47 petani. Pendapatan usahatani dianalisis menggunakan analisis pendapatan dan uji beda sampel berpasangan untuk membandingkan pendapatan pada saat on season dan off season. Hasil menunjukkan bahwa dengan tingkat kepercayaan 95 persen, rata-rata pendapatan per pohon atas biaya tunai maupun biaya total petani mangga gedong gincu saat on season dan off season adalah berbeda signifikan. Pendapatan usahatani mangga gedong gincu pada saat off season lebih tinggi daripada saat on season. Usahatani mangga gedong gincu pada kedua musim sama-sama menguntungkan karena nilai RC rasio lebih besar dari satu, sehingga usahatani mangga gedong gincu pada saat off season dapat menjadi pilihan petani untuk menambah pendapatan.   

 

References

Badan Pusat Statistik. 2015. Kabupaten Cirebon Dalam Angka.
Badan Pusat Statistik.2016. Produksi Holtikultura Buah dan Sayur Tahunan Jawa Barat
Broto, Wisnu. 2003. Mangga: Budidaya, Pascapanen dan Tata Niaganya. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Hendriyani, Yeni. 2015. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Petani Mangga Gedong Gincu (Mangifera Indica, L) Berorientasi Pasar Terstruktur Dalam Memilih Sumber Pembiayaan. Tesis. Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran, Bandung.
Karyani, T., Sadeli, A., Utami, H., Rasmikayati, E., Supriyadi, E. 2016. Studi Rantai Pasok Agribisnis Mangga Di Majalengka: Pelaku, Proses Bisnis dan Skema Pembiayaan. Prosiding Konferensi Nasional Penyuluhan & Komunikasi Pembangunan 2016. Program Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
Karyani, T., Utami, H., Sadeli, A., Rasmikayati, E., Sulistyodewi, Syamsiyah, Nur. 2016. Mango Agricultural Supply Chain: Actors, Business Process, and Financing Scheme. International Journal of Applied Business and Economic Research 14(11):7751-7764
Koundouri dan Nauges.2005. On
Riduwan. 2010. Dasar – Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulistyowati, Lies; R.S.Natawidjaja; Z.Saidah. 2013. Faktor Sosial-Ekonomi Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Mangga Terlibat Dalam Sistem Informal Dengan Pedagang Pengumpul. Jurnal Sosiohumaniora Vol 15 (3):285-293
Sulistyowati, Lies. 2014. Transisi Sistem Produksi Petani Mangga: Hubungannya Dengan Sistem Penjualan. Prosiding Seminar Nasional Pembangunan Inklusif di Sektor Pertanian. Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran.
Sulistyowati, Lies; R.S.Natawidjaja; B.Rahmat. 2015. Adoption of Technology and Economic Efficiency of The Small-Holder Mango Farmers in Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research Vol 13 (7):4621-4645.
Published
2020-08-20
Section
Articles